5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Naik Bus Tingkat Gratis di Jakarta

Bus tingkat tujuan Kota Tua. Keren kan.

Sudah pernah ke Jakarta? Jika iya, apakah Anda pernah naik bus tingkat pariwisata gratis? Saya yakin, pasti banyak yang belum menaikinya. Namun, jangan khawatir. Bagi Anda yang penasaran dan ingin menjajal bus tingkat gratis, tapi, belum tahu caranya? Berikut saya informasikan cara menaikinya, berdasar pengalaman pribadi. Dijamin, Anda akan merasakan bedanya menikmati indahnya pemandangan Jakarta dari atas bus tingkat. Berikut 5 hal penting yang wajib diketahui sebelum naik bus tingkat gratis di Jakarta:


Halte bus tingkat dekat Monas

      1.  Halte atau bus stop

Bus tingkat pariwisata ini tidak berhenti di sembarang tempat. Bus – bus ini hanya akan berhenti, menurunkan dan menaikkan penumpang di halte atau tempat pemberhentian bus tingkat. Jumlahnya tidak banyak. Saat saya menaikinya, ketika akan ke Kota Tua, bus hanya berhenti di lima halte; halte Monas (dekat IRTI), halte Balai Kota, halte Museum Arsip Nasional, halte Museum Gajah, dan halte Museum Bank Indonesia. Haltenya ada yang permanen, ada pula yang berupa tenda (lihat foto).

Nah, jika Anda ingin menaikinya, Anda harus menuju ke halte – halte yang telah disediakan. Biasanya, ada tanda rambu bus tingkat di pinggir jalan. Jadi, Anda tinggal berdiri di halte, dan menunggu bus tingkat datang.


Balai kota Jakarta. Foto diambil dari dalam bus.

      2. Tentukan Tujuan

Bus tingkat memiliki enam rute atau jalur. Yakni: History of Jakarta, Jakarta Modern, Art and Culinary, RPTA Kalijodo, Gedung Pencakar Langit, dan Makam Mbak Priok. Nah, enam rute ini masing – masing memiliki kelebihan dan keistimewaan pada jalur – jalur yang dilintasi, bergantung ke mana penumpang akan pergi. 

Setelah menetapkan tujuan Anda, jangan langsung naik ketika bus berhenti di halte. Tanyakan dulu ke bus guide, ke mana bus akan menuju. Jika sesuai dengan arah tujuan Anda, maka segeralah mencari tempat duduk. Khusus soal ini, saya sarankan Anda duduk di tingkat dua, karena pemandangannya lebih indah. Ingat, jika ingin ke Kota Tua (History of Jakarta), maka jangan naik bus yang akan ke RPTA Kalijodo.


Bus tingkat tampak dari depan

      3. Jadwal bus

  •     Ini juga sangat penting diketahui, manakala Anda berniat naik bus tingkat gratis di Jakarta. Bus tingkat beroperasi Senin – Minggu. Saat ini, ada kurang lebih 28 bus tingkat yang beroperasi.
  •     Pada hari Senin – Jumat, bus akan beroperasi mulai jam 10.00 WIB – 18. 00 WIB
  •     Hari Sabtu, bus akan beroperasi mulai jam 10.00 WIB – 17.00 WIB
  •     Hari Minggu, mulai pukul 12.00 WIB – 19.00 WIB
  •     Rute Mbah Priok hanya tersedia pada hari Sabtu-Minggu, mulai jam13.00 WIB – 20.00 WIB
  •     Sedangkan, untuk wisata malam, ada dua rute perjalanan: Kota Tua dan Kali Jodo, dimulai jam 17.00 WIB – 23.00 WIB.

Tiket bus tingkat


    4. Peraturan di Bus

Demi kenyaman, dan keamanan wisatawan, manajemen bus tingkat menerapkan aturan yang tegas. Yaitu, seluruh penumpang dilarang makan dan minum selama di dalam bus. Dilarang berdiri, dan berlari, saat bus berjalan. Dilarang merusak, mencorat - coret bus, serta dilarang buang sampah. 

Nah, jika ini dipatuhi, pasti perjalan akan jadi nyaman, aman, dan bersih. Oya, meski bus ini gratis, setiap penumpang tetap akan diberi tiket oleh bus guide. Tiket bertuliskan gratis dengan huruf balok, serta berlaku sekali jalan. Jika setelah dari tempat tujuan awal, Anda ingin pindah ke rute lain, maka Anda akan diberi tiket kembali.


Suasana di dalam bus tingkat

   5. Waktu tunggu

Kurang lebih butuh 15 menit hingga 30 menit untuk menunggu bus tiba di halte. Ini berdasarkan pengalaman pribadi. Bisa saja lebih cepat. Bergantung kondisi, dan situasi lalu lintas di Jakarta. Saran saya, sebaiknya naik bus tingkat saat hari – hari kerja, Senin – Jumat, karena penumpang tidak membeludak. Jika akhir pekan, Anda bisa saja mengantre untuk menaikinya.


Halte di depan Museum Arsip Nasional

Itu tadi 5 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Naik Bus Tingkat Gratis di Jakarta. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.


Comments

Popular Posts

Kum-kum Sinden, Ritual Wisuda Para Pesinden

New Star Cineplex, Bioskop Baru Idola Warga Jombang

Semangkuk Ketan Durian di Kaki Gunung Anjasmoro

Menyantap Gurihnya Ikan Asap di Atas Hamparan Pasir Putih

Daftar 34 Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, Beserta Alamat, No. Tlp, Email, dan Website-nya

Berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Wedang Ronde dan Ayam Betutu di Malioboro

Barang-barang yang Harus Dibawa Saat Berlibur

237 Embassies and Consulates In Indonesia, Traveller Must Know

SEGARNYA DAWET IRENG MAS FACHRI