Jangan Dibuang, Ubah Botol Bekas Air Mineralmu Jadi Kursi Lantai


“Untuk mengisi satu botol bekas air mineral dibutuhkan kurang lebih 300 bungkus mie instan yang telah dipotong kecil-kecil,” beber Muchlas, warga desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. 

Kursi lantai dari bahan daur ulang
Muchlas dan keluarganya termasuk salah satu yang memanfaatkan dan mengubah limbah botol dan bungkus plastik  menjadi kursi lantai. Tidak melulu harus bungkus mie instan. Semua bungkus plastik yang terpakai bisa digunakan. Sambil duduk di atas kursi lantai plastik daur ulang, Muchlas menceritakan bagaimana cara pembuatan tempat duduk tersebut.

Pertama-tama kumpulkan botol bekas air mineral dan bungkus plastik bekas. Lantas, gunting bungkus plastik tersebut dengan ukuran kecil-kecil. Potongan plastik yang akan digunakan harus benar-benar bersih agar tidak timbul jamur atau berubah warna saat sudah dimasukkan. Ukuran potongan pun tidak ada patokan, asalkan kecil. Agar kuat saat diduduki, potongan plastik yang sudah dimasukkan dalam botol harus dipadatkan menggunakan stik kayu, dengan cara ditekan dan ditusuk-tusuk agar padat dan merata.

Botol-botol yang telah terisi guntingan atau potongan plastik tersebut lantas dilem menggunakan lem kaca pada bagian yang akan direkatkan. Kurang lebih butuh 19 botol untuk tiap satu kursi lantai. Namun, ini bukan jumlah patokan, semua bergantung pada keinginan pembuat atau Anda. Jadi, jumlahnya bisa lebih, dan ukurannya bisa lebih besar. Bentuk dan jumlah bisa lihat detail di foto.
 
Kursi lantai dari botol dan bungkus plastik
Setelah selesai dan jumlahnya sesuai, silakan dilem dan dibentuk sesuai keinginan. Menurut Muchlas, botol bekas air mineral yang telah terisi potongan plastik itu bisa dibentuk menjadi kursi, meja, bahkan ada juga yang dijadikan tembok bongkar pasang. Tergantung kreativitas Anda.

Tujuannya antara lain agar sampah plastik tidak berserakan di sembarang tempat. Selain merusak pandangan dan mengganggu lingkungan, bungkus plastik juga sulit terurai. Butuh ratusan tahun untuk bisa terurai dalam tanah. Bayangkan? 

Memanfaatkannya sebagai kursi adalah salah satu dari banyak cara untuk mencegah atau mengurangi sampah plastik di bumi. Ini juga bentuk kepedulian kita kepada lingkungan dan alam sekitar.
 
Kursi lantai daur ulang
Kursi-kursi lantai yang ada di dalam foto di blog ini adalah karya siswa-siswi SD-SMP di sejumlah sekolah di Jombang, Jawa Timur. Ini penulis temui saat jalan-jalan ke daerah pegunungan Wonosalam, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.


Oya, tak hanya mengurangi sampah plastik, kursi-kursi lantai tersebut juga bernilai ekonomi. Soal harga, Anda bisa menentukan sendiri. Semoga bermanfaat yaa. Mari jaga lingkungan dan kurangi sampah plastik.

Bahan yang dibutuhkan:
1.      Botol bekas air mineral
2.      Plastik bekas (mie instan, dan teman-temannya)
3.      Gunting
4.      Lem kaca
5.      Stik
6.      Niat dan semangat

Comments

Popular Posts

Kum-kum Sinden, Ritual Wisuda Para Pesinden

New Star Cineplex, Bioskop Baru Idola Warga Jombang

Semangkuk Ketan Durian di Kaki Gunung Anjasmoro

Menyantap Gurihnya Ikan Asap di Atas Hamparan Pasir Putih

Daftar 34 Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, Beserta Alamat, No. Tlp, Email, dan Website-nya

Berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Wedang Ronde dan Ayam Betutu di Malioboro

Barang-barang yang Harus Dibawa Saat Berlibur

237 Embassies and Consulates In Indonesia, Traveller Must Know

SEGARNYA DAWET IRENG MAS FACHRI