Barang-barang yang Harus Dibawa Saat Berlibur



Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta
GerakLangkahKaki- Beda tujuan, beda barang bawaan. Ini mungkin merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan pilihan barang apa saja yang harus kita bawa sesuai dengan kegiatan kita. Misal, bawaan ke tempat kerja, tentu beda dengan bawaan saat kita ke undangan acara hajatan. Pun demikian saat kita pergi liburan.

Tapi, kali ini pemilik blog, tak hendak membahas soal bawaan saat kerja atau pergi kondangan. Bahasan kali ini soal bawaan saat liburan. Bawaan ke pantai, tentu beda dengan ke tempat wisata sejarah, kota wisata, apalagi ke gunung untuk berkemah, atau wisata alam. Tempat yang kita tuju dan berapa lama rencana kita berwisata, sangat menentukan apa-apa yang harus kita bawa

Ke gunung untuk berkemah misalnya, barang yang harus kita bawa antara lain: tenda, jaket, sleeping bag, dll. Pendek kata, semakin ekstrem tempat yang dituju, barang bawaannya pun beda. Namun, saya juga tak berniat membahas barang bawaan kala ke gunung. Melainkan barang bawaan saat kita mengunjungi kota-kota tujuan wisata pada umumnya. Misal Bali, Surabaya, Jogja, Bandung atau Jakarta. Dengan durasi waktu 3 hari.

Lalu, apa saja barang bawaan yang harus dibawa:

    1.  Tas
Contoh barang bawaan
-     Tas adalah barang wajib yang harus kita bawa saat bepergian. Besar ukuran tas bergantung berapa lama kita akan berlibur, misal 3 hari. Maka, tas yang dibawa bisa berupa day pack, tas ransel kapasitas 30-40 liter, atau travel bag ukuran kabin pesawat. Karena tidak lama, buat apa membawa tas ukuran besar, akan terasa berat dan merepotkan kita. Selain itu, jangan lupa membawa tas pinggang ukuran kecil. Sebab, selama berlibur di lokasi tujuan, kita tidak mungkin membawa ransel ke mana-mana, meski tidak dilarang. Tapi, percayalah ini akan membuat Anda cepat lelah, dan menjadi beban tersendiri.

    2.   Pakaian

    - Tiga hari bukan waktu lama, tidak juga terlalu singkat. Dengan manajemen waktu yang cukup, waktu yang ada ini bisa Anda gunakan untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada satu daerah. Karena itu, bawa pakaian seperlunya. Jangan seisi lemari. Ingat, Anda akan berlibur, bukan pindah rumah.

   - Cukup bawa tiga kaos, satu baju dan celana yang dipakai saat berangkat. Satu celana panjang (usahakan jangan jeans. Bukan pula celana formal), dan satu pendek. Satu handuk sedang (Tak usah bawa jika menginap di hotel). Empat pakaian dalam, serta satu jaket tipis, bisa berbahan parasut atau katun. Jaket untuk berjaga-jaga manakala Anda di dalam ruang ber-AC, atau panas terik mentari. Siapa tahu Anda tergolong orang yang takut sengatan sang surya. Usahakan bahan yang tidak tebal dan berat.

    - Barang bawaan di atas umumnya untuk laki-laki. Jika, perempuan, dan Anda berjilbab, tentu beda. Tinggal menyesuaikan. Prinsipnya, semakin sedikit barang bawaan, makin memudahkan kita. Tapi, bukan berarti kita tidak menjaga kebersihan tubuh selama berlibur. Asal Anda tidak bermain lumpur, jumlah baju tersebut akan cukup.

    -  Dan satu lagi sarung bagi laki-laki, dan mukena tipis bagi muslimah. Ini bisa disiasati jika kita beribadah di musala atau masjid di lokasi berlibur kita. Karena, biasanya telah disediakan. Liburan, bukan berarti meninggalkan ibadah. Jika, Anda muslim atau muslimah.

    - Jika sebelum pulang baju telah habis dan kotor, Anda bisa pergi ke laundry untuk mencucinya. Sangat mudah menemukan laundry di tempat-tempat liburan yang saya sebutkan di atas.

    - Sandal saya masukkan di sini, karena tergolong jenis fashion. Sandal bawa saja yang tipis. Bisa sandal jepit. Karena tak mungkin kita pakai sepatu ke mana-mana, meski mungkin. Tak mungkin juga Anda ke mana-mana pakai sandal hotel. Silakan jika mau. Yang ini boleh tidak dibawa, jika sepatu dirasa cukup, dengan pertimbangan lokasi tujuan.

   3.   Aksesoris

    - Aksesoris umum yang dibawa saat berlibur biasanya: kacamata, topi, syal. Jika ingin bawa aksesoris lain, usahakan tidak berat, dan memenuhi tas. Seperlunya.

    4.   Kamera

   - Selain membawa telepon pintar, saat liburan biasanya kita selalu bawa kamera untuk mengabadikan momen indah. Jangan lupa pula membawa powerbank, atau baterai cadangan, serta kartu memori dengan ukuran besar.

    5.   Obat-obatan, perlengkapan mandi, dan kosmetik


   - Obat-obatan merupakan barang penting yang harus turut dibawa selama berlibur. Seperti obat sakit kepala, sakit perut, balsam, obat masuk angin. Bawalah beberapa untuk jaga-jaga. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi.

    - Untuk perlengkapan mandi, usahakan dalam bentuk cair, dan dalam ukuran kecil. Jika Anda cukup puas dengan perlengkapan mandi yang disediakan hotel tempat menginap, tidak perlu bawa.

   - Bagi perempuan, tak mungkin liburan dengan meninggalkan kosmetik. Karena, tampil cantik di manapun adalah keharusan. Bawalah beberapa, termasuk tabir surya. Jangan, bawa semua alat make up Anda, karena kita bukan hendak make over. Serta parfum ukuran kecil biar enggak bau badan.

    - Satu lagi suplemen, penulis biasanya membawa madu dalam wadah botol plastic kecil, ukuran 100-150 gram.

    6.   Uang, KTP, dan Tiket

   - Yang satu ini jangan sampai lupa dibawa. Tanpanya bisa repot kita. Meskipun, kita liburan hasil menang undian, atau dibiayai perusahaan dan sebagainya. Uang juga diperlukan untuk membeli oleh-oleh. Rasanya tak lengkap pulang liburan tanpa oleh-oleh. Apa kata dunia?!

   - Data diri atau KTP juga penting, karena zaman sekarang tidak mungkin bepergian tanpanya. Karena tiket, sewa hotel, semuanya menggunakan data diri. Jika Anda bepergian dengan suami atau istri, bawalah satu buku nikah. Beberapa hotel biasanya menerapkan check in ketat, buku nikah akan berguna saat itu.

   - Dan jangan lupa juga tiket kereta api, bus atau pesawat, jika Anda menumpang kereta atau pesawat. Usahakan sudah masuk dalam tas. Pastikan semuanya telah masuk dengan melakukan cek bawaan.

Berikut tadi barang-barang yang menurut pemilik blog perlu dibawa saat berlibur, berdasarkan pengalaman pribadi. Jika menurut Anda ada barang penting lain yang perlu dibawa, mungkin bisa berbagi dengan menulis komentar di bawah artikel ini. Ingat, patuhi aturan selama berlibur dan jangan buang sampah sembarangan. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts

Pilih Mana Saat Liburan: Hotel, Kos-kosan atau Homestay?

Kwetiau Goreng Bakso Jamur ala Cafe

237 Embassies and Consulates In Indonesia, Traveller Must Know

Kum-kum Sinden, Ritual Wisuda Para Pesinden

Ada Apa Saja di Klenteng Sam Poo Kong?

Nasi Goreng Kebuli Aceh, Pilihan Kuliner Malam di Jakarta Selatan

Jangan Dibuang, Ubah Botol Bekas Air Mineralmu Jadi Kursi Lantai

Kue Apem 500 Rupiah Buatan Nenek Suratini

Wedang Ronde dan Ayam Betutu di Malioboro