Patuhi Aturan Saat Berkunjung ke Tempat Wisata


Papan larangan berenang di Pantai Baron

GerakLangkahKaki, Gunungkidul- Peraturan dibuat bukan untuk dilanggar. Ini adalah kata yang tepat untuk menggambarkan bahwa peraturan yang dikeluarkan telah melalui kajian, dan penelitian mendalam, sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berlaku juga ketika berkunjung ke pantai, gunung, atau di manapun.

Di tempat-tempat tersebut sering terpampang papan larangan. Semisal: dilarang berenang di pantai, dilarang buang sampah sembarangan, dilarang merokok, dan sebagainya.

Namun, sayangnya tak semua mengindahkan larangan tersebut. Contoh soal larangan merokok di dalam transportasi umum. Meski sudah tertempel larangan di terminal, atau bandara, bahkan di dalam kendaraan, hal ini tak menyurutkan para perokok untuk melanggarnya. Bahkan meski ada sanksi yang mengaturnya.

Pun demikian ketika berwisata ke pantai. Para pengelola biasanya memasang papan larangan berenang, jika memang kondisi pantai tidak aman. Jika mendapati tanda ini sebaiknya patuhi. Ini bukan pajangan. Karena jika nekad, selain membahayakan diri sendiri, pelanggaran tersebut juga akan membahayakan orang lain.

Sejumlah pengunjung pantai Baron nekad berenang

Seperti yang terjadi di Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta. Sejumlah pengunjung memaksa berenang, padahal pengelola melarang berenang di sepanjang pantai. Namun, beberapa wisatawan seolah tak menghiraukan larangan tersebut. Padahal, sehari sebelumnya, Senin, 12 September 2016, lima wisatawan lokal asal Kutoarjo, terseret ombak. Beruntung kesigapan tim SAR yang siaga berhasil menyelamatkan mereka.

Ingat, saat berkunjung atau berada di mana saja, sebisa mungkin ikuti aturan yang berlaku di daerah itu.

Comments

Popular Posts

Kum-kum Sinden, Ritual Wisuda Para Pesinden

New Star Cineplex, Bioskop Baru Idola Warga Jombang

Semangkuk Ketan Durian di Kaki Gunung Anjasmoro

Menyantap Gurihnya Ikan Asap di Atas Hamparan Pasir Putih

Daftar 34 Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, Beserta Alamat, No. Tlp, Email, dan Website-nya

Berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Wedang Ronde dan Ayam Betutu di Malioboro

Barang-barang yang Harus Dibawa Saat Berlibur

237 Embassies and Consulates In Indonesia, Traveller Must Know

SEGARNYA DAWET IRENG MAS FACHRI