"Tersesat di Kampung Majapahit"

Kampung Majapahit. (Foto: Geraklangkahkaki)
Kab. Mojokerto- Ada yang tak biasa pada bangunan rumah-rumah yang ada di Desa Bejijong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Yang tak biasa itu adalah bentuk rumah dan model bangunannya, yang mirip rumah khas kawulo (rakyat biasa) pada zaman Kerajaan Majapahit, abad ke-14 silam. Jika beda, ada pada atapnya yang sudah lebih modern: menggunakan genteng.

Bangunan pagar di Kampung Majapahit
Namun, jika dilihat secara keseluruhan, rumah-rumah yang ada di Dusun Kedungwulan ini sudah bernuansakan zaman kerajaan. Itu terlihat pada pagar rumah, bentuk bangunan, bahkan warna rumahnya.  Saat jalan-jalan menyusuri “Kampung Majapahit” ini Anda akan seperti orang asing yang “tersesat” di zaman kerajaan. Hihihi..
Simbol yang ada pada pagar
Rumah dengan model khas kawulo ini dibangun oleh pemerintah daerah setempat pada 2014 menggunakan dana APBD. Tujuannya antara lain untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Rumah-rumah kawulo tersebut oleh warga difungsikan bermacam-macam. Ada yang digunakan untuk berjualan cinderamata khas setempat seperti: batik, patung-patung, dan penganan lokal. Ada pula yang dipakai ruang tamu, dan parkir kendaraan.
Salah satu rumah yang digunakan jualan oleh-oleh
Jika Anda ingin berkunjung ke sini, cukup mudah. Kalau Anda dari arah Surabaya, tinggal berkendara menuju ke Kabupaten Mojokerto. Ikuti petunjuk lalu lintas yang ada. Sesampai di Kabupaten Mojokerto, Anda bisa bertanya pada penduduk setempat, sudah banyak yang tahu. Bahkan beberapa bangunan ada yang terlihat dari jalan raya nasional.

Comments

Popular Posts

Kum-kum Sinden, Ritual Wisuda Para Pesinden

New Star Cineplex, Bioskop Baru Idola Warga Jombang

Semangkuk Ketan Durian di Kaki Gunung Anjasmoro

Daftar 34 Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, Beserta Alamat, No. Tlp, Email, dan Website-nya

Museum Keris Nusantara Dibuka, Berapa Harga Tiketnya?

Berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Menyantap Gurihnya Ikan Asap di Atas Hamparan Pasir Putih

Wedang Ronde dan Ayam Betutu di Malioboro

Barang-barang yang Harus Dibawa Saat Berlibur

237 Embassies and Consulates In Indonesia, Traveller Must Know