Inilah Berbagai Kemudahan dan Keuntungan Membeli Tiket KAI di Traveloka

Aplikasi Traveloka (sumber: Traveloka)

Sebagai partner resmi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Traveloka memberikan banyak kemudahan dan fasilitas bagi para calon penumpang kereta api. Antara lain: harga yang jujur, promo dan diskon spesial, serta aneka pilihan pembayaran. Berbagai kemudahan inilah yang memberi kenyamanan, dan memanjakan konsumen untuk setia menggunakan Traveloka, sebagai perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket KAI tepercaya, dan aman.

Kemudahan membeli tiket kereta api secara online ini pula yang membuat siapapun bisa traveling ke mana saja, kapan saja, dengan hanya cukup menjentikkan jari di layar sentuh telepon pintar. Berbeda dengan dulu, di mana untuk mendapatkan tiket kereta api, kita harus mengantre panjang, bahkan tak jarang harus menginap di stasiun, terutama saat musim libur peringatan hari-hari besar. Melelahkan, dan boros waktu. Tak sesuai dengan tuntutan kemajuan zaman. Namun, Traveloka menjawab tuntutan ini. 



Traveloka (sumber:Traveloka)

Lantas, apa saja kemudahan yang Anda dapatkan saat memesan tiket KAI di Traveloka? Berikut rinciannya:

1. Harga Terbaik

Traveloka memberikan jaminan harga tiket Kereta Api Indonesia yang murah, dan kompetitif. Selain itu, terdapat promo khusus bagi para member dan pelanggan newsletter. Ini membuat Anda tak perlu merogoh kocek dalam untuk mendapatkan tiket KAI yang Anda inginkan berdasarkan jadwal perjalanan.

2. Jaminan Transaksi Online yang Aman

Traveloka menggunakan teknologi SSL dari RapidSSL dengan sertifikat yang terotentifikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online para konsumen. Apa itu SSL? SSL adalah Secure Socket Layer (SSL), yaitu lapisan pengaman untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Perlindungan itu antara lain meliputi: password atau kata kunci, data kartu kredit, dll. 

Saat memesan tiket KAI melalui Traveloka, Anda akan langsung mendapat konfirmasi instan dan e-tiket yang dikirim langsung ke email Anda.

3. Sistem Booking Tepercaya

Mengapa tepercaya? Sebab, e-tiket dan kursi kereta api yang Anda pesan terjamin, karena Traveloka terhubung langsung dengan PT KAI. Saat booking, Anda juga bisa melakukannya dengan cepat, tanpa harus selalu mengisi ulang data diri setiap akan memesan tiket. Caranya, simpanlah data Anda di Travelers Picker, yaitu fitur khusus bagi pengguna aplikasi Traveloka, yang memiliki kelebihan menyimpan informasi pelanggan secara sekaligus. Suatu saat, ketika Anda memesan kembali tiket KAI, Anda tinggal menggunakan fitur Travelers Picker tersebut. Mudah, kan.

4. Hasil Pencarian Terlengkap

Di Traveloka, Anda dapat melihat dan mengetahui seluruh jadwal kereta api hingga 90 hari ke depan. Baik itu untuk kelas Ekonomi, Bisnis, hingga Eksekutif. Jadi, Anda bebas pilih kursi dan memesan tiket KAI sesuai dengan kebutuhan. 



Ilustrasi pemesanan tiket via online (sumber: Traveloka)

5. Passenger Quick Pick 

Fitur Traveloka yang satu ini, akan membuat Anda menghemat waktu saat mengisi detail data penumpang. Cukup dengan satu klik saja! Ini membuat waktu booking Anda lebih cepat. Dan, dengan menambahkan detail Anda ke Passenger Quick Pick, maka tak perlu repot kembali menghafal atau memasukkan data diri Anda secara manual saat akan memesan tiket kereta api lagi. Lalu, bagaimana cara menggunakan Passenger Quick Pick? Simak panduan di bawah ini:


  • Masuklah ke akun Traveloka Anda terlebih dahulu. Jika Anda belum memilikinya, silakan mengunduhnya di Play Store atau App Store.
  • Kunjungi akun Anda, dan kemudian pilih Passenger Quick Pick
  • Klik tambah penumpang, dan masukkan detail penumpang. Anda juga bisa memasukkan detail teman perjalanan. Yang menggembirakan adalah, Passenger Quick Pick bisa menampung hingga 20 nama. Jadi, Anda bisa mengajak seluruh keluarga bersama saat liburan.
  • Untuk kenyamanan pemesanan tiket Anda di lain waktu, Anda bisa juga mengisi detail Anda dan teman perjalanan langsung pada formulir pemesanan, di mana detail tersebut akan ditambahkan secara otomatis ke dalam Passenger Quick Pick. Suatu saat, ketika Anda melakukan pemesanan kembali, tentu jadi lebih mudah.
  • Lalu, pilih siapapun nama penumpang yang akan bepergian dari daftar nama yang tersedia, dan detail penumpang akan ditambahkan secara otomatis ke dalam formulir pemesanan.
6. Berbagai Pilihan Pembayaran

Variasi pilihan pembayaran ini memudahkan siapa saja yang akan melakukan reservasi tiket kereta api online dengan Traveloka, baik itu melalui transfer ATM, Internet Banking, dan kartu kredit. 

Traveloka juga merupakan partner pembayaran resmi:
  1. Bank Central Asia (BCA)
  2. Bank Mandiri
  3. BNI
  4. Bank Mega
  5. CIMB Clicks
  6. Bank BRI
  7. ANZ
  8. Permata Bank
  9. Alfamart
  10. Alfamidi
  11. VISA
  12. ATM Bersama
  13. Standard Chartered
  14. ALTO
  15. Prima
  16. Indomaret
  17. MasterCard
7. Kemudahan Check-in

Saat akan melakukan check-in, Anda tinggal men-scan barcode pada e-tiket di mesin cetak tiket mandiri (CTM) yang ada di stasiun, untuk mendapatkan boarding pass resmi. Mesin CTM dapat dengan mudah ditemui di stasiun-stasiun. Jadi, Anda tidak perlu antre. Usahakan, untuk datang lebih awal sebelum jadwal keberangkatan kereta Anda, ya.

8. Last Minute Booking

Kata siapa bepergian mendadak dengan kereta api tidak bisa? Bisa kok! Ada Last Minute Booking di Traveloka, atau pesan tiket di menit-menit akhir, biasanya 3 jam sebelum jam keberangkatan kereta. Anda yang memiliki tugas mendadak, tidak perlu bingung lagi enggak kebagian tiket. Gunakan Last Minute Booking.



Calon penumpang menanti kedatangan kereta api

Tahukah Anda, jika selama ini kereta api menjadi sarana transportasi favorit masyarakat Indonesia dalam bepergian. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ada sebanyak 351 juta orang lebih yang menaiki kereta api selama Januari hingga Desember 2016. Angka ini meningkat jika dibanding pada periode yang sama pada tahun 2015. Kenaikan hampir mencapai angka 8%.

Karena tingginya minat calon penumpang inilah, yang membuat tiket kereta api laris manis. Anda tentu masih ingat jelang Hari Raya Idul Fitri 2017 kemarin, bagaimana tiket KAI yang jumlahnya ratusan hingga satu juta lebih kursi penumpang bisa habis dalam hitungan menit, atau bahkan detik. Tak hanya saat Lebaran, pada hari-hari besar lain, seperti Natal, dan tahun baru, tiket kereta api sering kali ludes terjual. Kebanyakan, tiket-tiket kereta api tersebut terjual atau dibeli secara online. 

Mengapa transaksi pembelian tiket kereta api secara online tinggi? Di antaranya, karena masyarakat sudah paham benar, kemudahan, keamanan, dan efektivitas waktu yang didapat dengan membeli tiket via online. Soal membeli tiket kereta api, Traveloka memiliki enam tips khusus, yang bisa Anda gunakan. Apa saja tips tersebut?



Ilustrasi saat memesan tiket via Traveloka (sumber: Traveloka)

1. Pesanlah tiket kereta api paling tidak seminggu sebelum jadwal keberangkatan Anda. Ini untuk menghindari kemungkinan kehabisan tiket dengan tujuan yang Anda inginkan. Selain itu, memesan tiket jauh hari akan membuat Anda memiliki keleluasaan memilih jadwal, kursi, serta kelas kereta api. Tiket kereta api kini sudah bisa dipesan 90 hari sebelum jadwal keberangkatan.

2. Belilah tiket kereta api secara online di Traveloka. Mengapa, sebab Traveloka merupakan perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket KAI tepercaya, dan aman. Anda bisa melakukannya melalui telepon pintar atau laptop. Pembelian tiket secara online, menjadi solusi yang tepat, dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kelebihan lainnya, Anda bisa mengetahui langsung ketersediaan tiket yang saat itu masih ada. Lagi pula, sekarang pembelian tiket kereta api di loket stasiun hanya dapat dilakukan mulai jam 09.00 - 16.00. Pilih mana? Ya, tentu via online-lah!

3. Belilah tiket kereta api hanya di perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket KAI yang menjadi partner resmi perusahaan pelat merah tersebut. Seperti Traveloka. Apa kelebihannya? Anda akan dengan mudah mendapat tiket KAI dengan harga promo secara online. Tak hanya itu, Traveloka juga akan memudahkan Anda mendapatkan tiket PT KAI dengan harga paling murah, proses booking online yang aman, cepat, dan bisa diakses kapan saja.

4. Pilihlah kelas penumpang yang sesuai dengan Anda, dan pilihlah tempat duduk yang paling nyaman sesuai kebutuhan. Apalagi, jika jarak perjalanan Anda lumayan jauh. Tempat duduk yang nyaman, akan membuat Anda menikmati perjalanan.

5. Pertimbangkan rute alternatif menuju tempat tujuan Anda. Semisal, saat akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya, terdapat rute alternatif Stasiun Gambir (GMR) - Stasiun Pasar Turi (SBI), Pasar Senen (PSE) - Surabaya Pasar Turi (SBI), dan beberapa jurusan dari Jakarta ke sejumlah stasiun di Surabaya lainnya. Pilihlah stasiun yang paling dekat dengan tujuan Anda.  



Suasana di dalam kereta api (foto: pribadi)

Semua kemudahan, kelebihan, dan keuntungan yang diberikan Traveloka di atas, akan sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Ini adalah persembahan dari Traveloka yang memberikan kemungkinkan pada siapa saja jadi bisa bepergian ke mana saja dan kapan saja dengan cara yang mudah, cepat dan aman. 



Sumber foto     : Traveloka, dan pribadi
Sumber artikel  : Traveloka, dan diolah oleh blogger 






















Comments

Popular Posts

Daftar 34 Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, Beserta Alamat, No. Tlp, Email, dan Website-nya

Barang-barang yang Harus Dibawa Saat Berlibur

237 Embassies and Consulates In Indonesia, Traveller Must Know

Kum-kum Sinden, Ritual Wisuda Para Pesinden

Ada Apa Saja di Klenteng Sam Poo Kong?

Jangan Dibuang, Ubah Botol Bekas Air Mineralmu Jadi Kursi Lantai

Menanti Payung Terbuka di Masjid Agung Jawa Tengah

Kwetiau Goreng Bakso Jamur ala Cafe

Kue Apem 500 Rupiah Buatan Nenek Suratini

New Star Cineplex, Bioskop Baru Idola Warga Jombang