Teh Talua, Minuman Berkhasiat Khas Minang

Langkah Kaki, Padang- Anda hobi minum teh? Sesekali cobalah minum teh talua, minuman khas masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). 


Teh talua beda dengan teh yang biasanya Anda minum di rumah, terutama jika Anda bukan orang Padang. Teh ini bukan hanya campuran antara gula, teh, dan air. Di situ ada juga campuran susu, jahe, dan telur. 

Untuk telur, Anda bisa menggunakan telur ayam atau itik - semua tergantung selera. Minum teh talua tak harus di kafe, kata Fajri, salah satu pramusaji di Bagan Resto. Hampir semua warung menyediakannya, kata dia. 

"Ini minuman tradisional, biasanya diminum usai bekerja atau pas butuh tambahan stamina," tutur remaja asli Padang ini. 

Lelaki berambut pendek ini menjelaskan, teh talua dipercaya masyarakat sebagai penambah stamina dan penghilang rasa capek. "Bisa mengentalkan sperma juga lho," ujarnya serius. 



Kini teh talua lebih kaya rasa dan bentuk jika dibandingkan versi awalnya. Sekarang teh talua bisa ditambah foam di atas teh, lengkap dengan lukisan dengan susu cokelat sebagai tintanya. Foam ini, menurut Fajri, terbentuk akibat campuran susu dan telur yang diblender. Ini dilakukan sebelum menuangkan rebusan teh dan irisan jahe yang telah mendidih. Proses blender juga berfungsi mematangkan telur. 

Kreativitas ini bergantung lokasi tempat menjualnya. Namun, Fajri tak bisa menjelaskan sejak kapan teh talua mulai berubah rasa dan tampilannya. 

"Yang saya tahu sudah mulai berubah saat masyarakat mulai modern. Tapi, fungsinya sama dan lebih kaya rasa," katanya seraya coba mengingat. Fajri mengklaim, jika ada yang menyajikannya di luar Kota Padang, pastilah dia orang Minang.


Teh ini terasa agak seperti jamu, dengan campuran aneka bahan yang membuatnya menjadi kental. Bagi yang tidak terlalu suka manis, sebaiknya pesan tanpa tambahan gula, dan sedikit susu kental manis. Pasti lebih pas, sebab campuran kedua bahan ini membuatnya berasa enek. Tapi lagi-lagi, lain lidah, lain rasa - semua tergantung selera Anda. 

Cobalah, harganya Rp 12.000 per gelas. Ini akan menambah kaya pengalaman lidah dan tenggorokan Anda dengan aneka sajian khas Nusantara - dari Padang untuk Indonesia.

Comments

Popular Posts

Kum-kum Sinden, Ritual Wisuda Para Pesinden

New Star Cineplex, Bioskop Baru Idola Warga Jombang

Semangkuk Ketan Durian di Kaki Gunung Anjasmoro

Menyantap Gurihnya Ikan Asap di Atas Hamparan Pasir Putih

Daftar 34 Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, Beserta Alamat, No. Tlp, Email, dan Website-nya

Berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Wedang Ronde dan Ayam Betutu di Malioboro

Barang-barang yang Harus Dibawa Saat Berlibur

237 Embassies and Consulates In Indonesia, Traveller Must Know

SEGARNYA DAWET IRENG MAS FACHRI